Kelebihan, Kekurangan Serta Hal Penting Dalam Tingkatkan Keuntungan Jual Beli Tanah

Jual beli tanah adalah salah satu jenis kegiatan investasi yang cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain itu tanah juga dikenal sebagai lahan investasi dengan sistem sewa yang dimilikinya, sehingga anda pun tidak akan kehilangan tanah tersebut dalam jangka waktu lama dan masih bisa mendapatkan keuntungan yang mengalir darinya.

Untuk jenis investasi yang satu ini memang tidak dapat dibandingkan dengan investasi lainnya, hal ini berkaitan dengan beberapa bentuk kelebihan serta kekurangan yang dimilikinya itu sendiri. Bahkan jika dilihat dari sistem perhitungan, investasi yang dilakukan pada bidang tanah ini pun memiliki cara perhitungan serta perbandingan yang cukup berbeda.

Investasi jual beli tanah

Bagi anda yang ingin mengetahui apa saja kelebihan serta kekurangan dari sistem jual beli atau investasi yang dilakukan pada media tanah, maka sebaiknya anda simak penjelasan di bagian bawah ini :

Kelebihan dari investasi tanah

1. Capital gain
Untuk harga tanah pada saat ini tentunya tidak perlu anda khawatirkan, karena harga yang dimilikinya akan terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu selanjutnya. Bahkan kenaikan itu pun mencapai angka 20 hingga 25 % per tahunnya.

Itulah mengapa investasi tanah menjadi hal yang sangat diminati oleh banyak orang, karena memang dikenal dengan keuntungan tinggi yang dimilikinya itu tadi.

2. Tidak mengenal biaya perawatan
Berbeda dengan jenis investasi lainnya yang umumnya membutuhkan biaya perawatan, maka pada tanah itu sendiri anda tidak memerlukan biaya perawatan secara khusus. Bahkan jika anda ingin menerapkan biaya perawatan, umumnya hal ini hanya diberlakukan dengan jumlah atau nominal biaya yang lebih kecil.

Selain itu, investasi tanah juga berbeda dengan jenis investasi apartemen atau pun rumah yang umumnya disertai dengan biaya perawatan tambahan lainnya. Pasalnya jika benda investasi properti seperti halnya rumah atau bahkan apartemen itu sendiri tidak dirawat maka dapat dipastikan kondisi di bagian dalamnya pun akan rusak dengan lebih mudah.

3. Lebih mudah untuk diurus
Seperti yang telah disebutkan pada bagian di atas tadi, bahwa investasi tanah tidak membutuhkan bentuk perawatan intensif. Dengan demikian, anda pun tidak perlu khawatir atau bahkan pusing memikirkan bagaimana cara mengurusnya dengan lebih tepat.

Karena itulah, keuntungan dari investasi tanah berkaitan dengan hemat energi serta tingkat kefokusan anda dalam mengatur beragam jenis kepentingan lainnya, selain dari pada investasi tanah itu sendiri.

Kekurangan dari investasi tanah

Selain beberapa bentuk kelebihan dari investasi tanah yang telah anda sebutkan pada bagian di atas tadi. Ada pula beberapa bentuk kekurangan yang menjadi resiko utama yang wajib untuk dihadapinya dengan lebih baik.

Ingin tau apa saja kekurangan yang menjadi resiko dari investasi tanah tersebut? Berikut diantaranya :

1. Penggunaan modal yang relatif besar
Banyak diantaranya orang yang berpendapat bahwa untuk memulai investasi tanah, dibutuhkan nilai atau pun nominal yang tinggi, utamanya jika dibandingkan dengan investasi lainnya, seperti halnya rumah, atau bahkan apartemen.

Padahal jika anda telah memulainya, jenis investasi yang satu ini justru jauh lebih murah. Hal ini berkaitan dengan bentuk tanah yang berada dalam kondisi kosong, berbeda halnya dengan investasi tanah dalam bentuk kavling yang umumnya memiliki nominal harga yang lebih tinggi.

2. Tidak memiliki income rutin
Berbeda dengan jenis investasi properti yang memiliki banyak kemungkinan untuk menghadirkan income tinggi dan rutin, untuk jenis investasi tanah, kehadiran income rutin tersebut menjadi hal yang sangat sulit untuk didapatkan.

Pasalnya anda yang melakukan investasi ini hanya dapat mengandalkan kenaikan harga yang dimiliki oleh tanah itu sendiri dari waktu yang satu ke waktu selanjutnya, sehingga proses jual beli tanah pun dapat anda lakukan dengan lebih menguntungkan.

Terkecuali jika tanah yang anda miliki itu pun disewakan pada pihak yang ingin melakukan penanaman tanaman atau bahkan tumbuhan lainnya dalam jangka waktu lama, maka keuntungan atau income pun bisa anda dapatkan dengan lebih rutin, namun hal ini umumnya jarang terjadi.

3. Kurang liquid
Ada banyak pendapat yang menyatakan bahwa investasi tanah ini kurang liquid, pasalnya proses pembelian serta penjualan pun harus dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama, berbeda dengan jenis investasi emas yang tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan keuntungan darinya.

Setelah mengetahui kelebihan serta kekurangan yang dimilikinya, akan lebih baik apabila anda memperhatikan beberapa hal di bagian bawah ini dengan lebih teliti sebelum melakukan investasi tanah, karena dengan memperhatikan hal-hal berikut ini, maka dapat dipastikan investasi pun akan jauh lebih menguntungkan anda, diantaranya :

1. Lokasi tanah
Lokasi dari tanah yang hendak anda jadikan sebagai bahan investasi sangat penting untuk anda gunakan. Pasalnya dengan memilih lokasi tanah yang memiliki potensi untuk mengalami kenaikan harga pun akan jauh lebih menguntungkan anda di kemudian hari.

Salah satu lokasi yang paling berpotensi adalah tanah yang berada di kawasan pusat bisnis serta industri. Lebih dari itu, lokasi tanah yang berada dekat dengan lingkungan wisata atau hiburan pun juga cukup berpotensi untuk anda jadikan sebagai bahan investasi yang menguntungkan.

2. Kondisi tanah
Setiap tanah tentunya hadir dengan kondisi yang berbeda-beda baik dlilihat dari segi bentuk, tingkat kepadatan, kerataan, ukuran bahkan ke arah mana tanah tersebut menghadap. Beberapa bagian tersebut menjadi bagian penting yang wajib untuk anda pertimbangkan, karena dengan pemilihan kondisi tanah yang tepat maka harga yang dimiliki oleh tanah itu pun akan meningkat dengan jauh lebih cepat dibandingkan dengan kondisi tanah lainnya.

3. Negosiasi untuk harga tanah
Dalam melakukan proses negosiasi tentunya anda berharap bahwa pihak pembeli akan setuju dengan penawaran harga yang telah anda tetapkan. Namun hal ini tentunya tidak mudah dan bisa anda lakukan begitu saja. Pasalnya setiap pembeli pun ingin mendapatkan harga tanah yang jauh lebih murah dari apa yang ditawarkan, sehingga ia dapat memeperoleh keuntungan.

Namun bagi anda yang ingin melakukan negosiasi dengan tingkat keberhasilan tinggi, pastikanlah untuk meyakinkan pihak pembeli dengan menggunakan alasan yang kuat mengapa anda menawarkannya tanah dengan harga atau nominal tersebut.

4. Legalitas dari kelengkapan surat
Legalitas suatu tanah umumnya berkaitan dengan beberapa hal yang dimilikinya dimulai dari hak sewa, hak milik dan lain sebagainya, hal ini juga tidak lepas dari kelengkapan surat-surat yang dimilikinya. Dengan kehadiran dari surat tanah yang lengkap, maka berbagai macam hak yang dimilikinya pun bisa anda dapatkan dengan lebih mudah.

5. Kestabilan nilai keuangan
Investasi tanah dikenal dengan jaminan keuntungan berlipat utamanya jika dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama. Karena itulah jika anda ingin mendapatkan nominal atau nilai uang yang lebih stabil dari investasi tanah yang anda lakukan, maka pastikanlah untuk melakukan penjualan kembali tanah tersebut di waktu yang tepat, sehingga keuntungan pun bisa anda dapatkan dengan jumlah berlipat.

Itulah kiranya beberapa kelebihan, kekurangan juga beberapa hal yang dapat meningkatkan keuntungan investasi atau sistem jual beli tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *