Menjual Tanah: Tips dan Masalah yang Mungkin Anda Hadapi

Bidang properti merupakan salah satu bidang yang belakangan ini sangat maju. Hal ini salah satunya disebabkan karena tingginya pertumbuhan ekonomi yang dimiliki oleh masyarakat di Indoensia. Hal ini menyebabkan upaya menjual tanah sangat mudah untuk dilakukan.

Selain karena pertumbuhan ekonomi yang pesat, bisnis properti khususnya menjual tanah memiliki banyak daya tarik karena banyak hal, berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan bisnis jual beli tanah menjadi salah satu bisnis yang populer di Indonesia.

Menjual Tanah Tips dan Masalah yang Mungkin Anda Hadapi

Alasan Kemudahan Jual Beli tanah

Jual beli tanah merupakan salah satu hal yang sangat menguntungkan dan mudah karena banyak hal. Apa saja faktor yang menyebabkan penjualan tanah mudah dilakukan?

Sulitnya mencari sebuah lahan

Saat ini tanah adalah sebuah hal yang sangat sulit untuk ditemukan. Padahal makin kesini makin banyak orang yang berupaya untuk membuat rumah karena banyak alasan, mulai dari membangun keluarga sendiri hingga hanya sekedar untuk investasi. Oleh karena hal inilah sebuah lahan bisa memiliki nilai yang fantastis ketika dijual.

Banyak pembangunan

Sesungguhnya hal ini juga menyebabkan lahan atau tanah menjadi salah satu hal yang sulit untuk ditemukan. Tingginya pembangunan akan perumahan, perkantoran atau bahkan apartemen merupakan salah satu hal yang menyebabkan harga tanah melonjak tinggi. Akan tetapi bagi anda yang tinggal di perkotaan, hal ini membuat upaya menjual tanah yang anda lakukan akan lebih mudah.

Sulit menjual tanah?

Meskipun lahan atau tanah saat ini merupakan hal yang mudah untuk dijual, terkadang di daerah tertentu agak sulit menemukan pembeli untuk sebuah rumah. Hal ini disebabakan karena banyak hal. Diantaranya adalah :

Tanah yang dijual adalah tanah warisan

Tanah warisan merupakan salah satu objek yang sulit dijual karena banyaknya hal yang perlu diurus. Bagi anda yang ingin lebih mudah menjual tanah warisan nanti akan kami bahas beberapa cara mudah untuk menjual tanah warisan.

Sulit menemukan pembeli potensial

Meskipun sebuah tanah adalah salah satu hal yang banyak dibutuhkan orang, tapi terkadang sangat sulit untuk menjual tanah yang anda miliki. Hal ini salah satunya disebabkan karena sulitnya menemukan pembeli yang memiliki potensial.

Bagi anda yang memang sulit menemukan pembeli yang potensial, yang perlu anda lakukan adalah melakukan pengiklanan secara online. Saat ini melakukan pengiklanan secara online adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Bukan hanya mudah tapi juga murah atau bahkan tanpa biaya.

Dengan adanya pengiklanan online, upaya anda untuk menjual tanah akan lebih efektif dan tepat sasaran sehingga menemukan pembeli yang potensial bukan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan.

Menjual tanah warisan

Menjual tanah merupakan salah satu hal yang banyak dianggap menyulitkan, sesungguhnya proses yang dilakukan untuk menjual tanahwarisan hampir sama dengan proses penjulan tanah pada umumnya. Bedanya, dalam penjualan tanah yang diwariskan akan muncul biaya pajak yang berbeda.

Pada saat sebuah tanah dijual biasanya pemilik tanah yang namanya tercantum pada akte rumah hadir dalam proses tersebut. Akan tetapi dalam usaha jual beli tanah warisan, pemilik sah atau yang namanya tercantum alam surat kepemilikan tidak ada di tempat tersebut. Hal inilah yang menyebabkan penjualan tanah warisan memiliki beberapa proses yang berbeda.

Perbedaan dalam penjualan tanah warisan ini akan makin sulit ketika tanah yang diperjualbelikan merupakan tanah yang dimiliki oleh keturunan asing. Hal ini disebabkan karena untuk tanah yang dimiliki oleh keturunan asing harus dipastikan dahulu melalui pengadilan siapa yang memiliki hak terhadap tanah tersebut. Hal ini disebabkan karena tanah tersebut bisa menimbulkan sengketa terutama jika ahli warisnya cukup banyak.

Selain proses yang lebih ribet, menjual tanah warisan juga memiliki perbedaan dengan penjualan tanah pada umumnya karena munculnya biaya-biaya pajak seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Beberapa pajak yang muncul pada saat penjualan tanah warisan antara lain adalah :

  • Pajak BPHTB atau Pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan Waris.
  • Pajah pph Final atau Pajak Penghasilan Final
  • Pajak BPHTB Pembeli.

Tips Mudah menjual tanah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menjual sebidang tanah merupakan salah satu hal yang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Akan tetapi jika anda memang ingin lebih mudah menjual tanah yang anda miliki, maka berikut ini adalah tips menjual tanah baik tanah biasa atau tanah warisan yang bisa anda ikuti.

Perjelas legalitasnya

Siapa yang mau membeli tanah yang tidak jelas asal-usulnya? Jika anda akan menjual tanah pada orang yang memang tidak tahu menahu urusan penjualan properti menjual tanah tanpa surat-surat yang lengkap bisa saja terjadi.

Akan tetapi saat ini sudah banyak orang yang cerdas dan menggunakan jasa profesional untuk memperjelas legalitas sebuah bidang properti oleh karena itu, lebih baik anda mempersiapkan dan melengkap berkas properti yang anda miliki agar tanah yang akan anda jual menjadi lebih mudah di tawarkan.

Mengetahui apa yang menjadi nilai plus dan minus dari lahan yang dijual

Ketika anda akan membeli sebuah perlengkapan rumah tangga dari sales, pastinya anda akan lebih tertarik ketika sales yang datang ke rumah anda memiliki pengetahuan yang lengkap mengenai produknya bukan?

Hal ini juga berlaku dalam upaya menjual tanah. Ketika anda lebih menguasai kelebihan yang dimiliki oleh lahan anda, penjualan anda pasti akan lebih meyakinkan. Bukan hanya kelebihannya saja, tapi juga kekurangannya.

Jika anda bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan anah yang anda miliki, anda bisa memberikan solusi untuk kekurangan-kekurangan yang dimilikinya dan menarik minat dengan kelebihannya. Hal ini akan sangat membantu anda dalam menjual tanah yang anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *