Tips Jual Beli Tanah Dengan Aman

Tanah adalah salah satu hal yang memiliki nilai yang cenderung semakin naik dari waktu ke waktu. Mengapa bisa demikian? Hal ini terjadi karena tanah adalah kebutuhan mutlak bagi masyarakat. Dengan memiliki tanah maka Anda memiliki lahan yang bisa Anda gunakan untuk membangun rumah atau untuk membangun sebuah usaha.

Tips Jual Beli Tanah Dengan Aman

Bagi para petani maka memiliki tanah maka memiliki lahan baru yang bisa digarap yang dapat menghasilkan uang. Maka dari itu tanah menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam masyarakat dimana pun berada. Bagi pemerintah tanah juga bisa menjadi salah satu asset untuk membangun sarana baru untuk masyarakat demi memajukan daerah. Dengan banyaknya manfaat yang bisa diambil dari kepemilikan tanah maka tentunya tanah adalah asset yang begitu berharga.

Tak heran jika dalam hal jual beli tanah maka tanah memiliki harga yang cenderung meninggi, apalagi harga tanah yang berada di perkotaan, memang cenderung sangat mahal. Semakin dekat dengan pusat kota maka harga tanah itu akan semakin mahal. Sebaliknya tanah yang berada di pedesaan terpencil bisa berharga lebih murah daripada tanah di perkotaan.

Semakin luas tanah yang akan Anda beli maka tentunya harga yang harus Anda siapkan menjadi lebih mahal lagi. Oleh karena itu baik pembeli maupun penjual tanah sebaiknya dalam melakukan jual beli tanah harus lebih teliti dan tidak bisa terburu-buru dalam menentukan pilihan.

Karena tentunya ada begitu banyak tanah yang diperjualbelikan maka bagi pembelinya harus dapat membandingkan dari satu tanah ke tanah yang lain mana yang paling menguntungkan dan paling baik kondisinya serta sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Baik itu bagi pembeli dan penjualnya maka berikut ini terdapat Tips jual beli tanah yang bisa menjadi panduan agar bisa melakukan kegiatan jual beli tanah dengan lebih terarah:

Tips Bagi Pembeli

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa tentunya dalam satu waktu ada beberapa tanah yang dijual di kawasan Anda, maka dari itu Anda harus memilih dengan baik mana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

Misalnya kebutuhan Anda adalah membeli tanah untuk membangun sebuah rumah di kawasan yang lengkap fasilitasnya, maka dari itu Anda selain meneliti tanah yang dibeli maka juga harus meneliti kawasan sekitarnya, apakah memiliki fasilitas seperti yang Anda inginkan, dekatkah dengan pusat perbelanjaan, dekatkah dengan sekolah dan lainnya.

Kemudian pikirkan apakah luas dari tanah itu mencukupi dengan pemikiran Anda dan perkiraan Anda untuk membuat rumah idaman Anda di atasnya. Tips jual beli tanah yang satu ini sangat penting sehingga Anda bisa mendapatkan tanah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda juga perlu memiliki kemampuan tawar menawar yang baik dalam membeli tanah sehingga Anda bisa mendapatkan keringanan harga yang wajar yang tetap dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Tips Bagi Penjual

Menjual tanah justru lebih susah daripada membeli tanah. Maka dari itu menjadi penjual tanah cenderung tidak mudah jika dibandingkan dengan menjadi pembeli. Karena tentunya pembeli yang datang kepada Anda tidak akan tergesa-gesa dan akan lebih memikirkan tentang perbandingan tanah yang Anda jual dengan tanah yang lain maka dari itu dari tahap itu saja sudah sangat lama.

Belum lagi jika setelah pembeli datang kepada Anda belum tentu ia akan membeli tanah yang Anda jual, saat ia merasa tidak cocok atau ia mendapatkan tanah yang lebih baik di tempat lain maka tentunya pembelian menjadi batal. Maka dari itu sebagai penjual tentunya harus sabar.

Jangan memaksakan kehendak Anda. Layani pembeli dengan baik dan berikan informasi yang jujur tentang keadaan tanah yang dijual. Setelah itu Anda juga harus siap jika pembeli meminta Anda untuk memperlihatkan sejumlah surat dan dokumen tanah tersebut termasuk tentang pajaknya.

Semuanya harus diberitahukan dengan detail dan jujur. Tips jual beli tanah bagi penjualnya ini akan sangat membantu Anda dalam mendapatkan pembeli potensial.

Proses Tawar Menawar

Pada saat pembeli merasa cocok dengan tanah yang dijual oleh seorang penjual. Maka kemudian tentu setelahnya akan Anda negosiasi tentang harga tanah tersebut. Sebagai pembeli sebaiknya menawar dengan wajar dan sebagai penjual sebaiknya memberikan keringanan yang wajar pula.

Sehingga kedua belah pihak bisa sama-sama merasa senang. Proses tawar menawar ini tentunya harus dilakukan secara wajar. Karena toh ada patokan harga tanah yang biasa digunakan untuk mematok harga tanah di suatu daerah tertentu, sehingga tentunya harga yang ditawar sebaiknya masih dalam batas wajar dan masih tidak begitu jauh dari patokan harga tersebut.

Sebagai penjual pun dalam memberikan patokan harga juga sebaiknya sesuai dengan patokan harga yang ada di kawasan tersebut.

Mengajukan Akta Jual Beli

Setelah kedua belah pihak sudah setuju dengan harga yang diberikan, maka selanjutnya pembeli dan penjual harus sama-sama mendatangi kantor Pejabat Pembuat Akta Tanah atau PPAT untuk membuat Akta Jual Beli atau yang biasa disingkat dengan AJB.

Akta ini yang menyatakan bahwa telah terjadi transaksi jual beli tanah yang telah disepakati oleh kedua belah pihak dan akta ini ada bertujuan untuk mengesahkan transaksi tersebut secara hukum. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pihak pembeli dan penjual, serta ada juga biaya yang masing-masing harus dibayarkan kepada pihak PPAT oleh pembeli maupun penjualnya.

Maka dari itu tips jual beli tanah yang baik agar tidak ada kesalahan pihak penjual dan pembeli harus hadir dan sebaiknya jangan diwakilkan.

Melakukan Proses Balik Nama

Proses balik nama ini bertujuan untuk mengganti nama penjual di sertifikat tanah menjadi nama pembeli karena saat ini tanah telah sah dimiliki oleh pembeli setelah membayar biaya pembelian tanah dan setelah mengajukan akta jual beli tanah yang tadi sudah diurus ke kantor PPAT.

Melakukan proses balik nama ini adalah Tips jual beli tanah terakhir yang harus Anda lakukan agar Anda bisa melakukan suatu transaksi jual beli tanah yang aman sesuai dengan hukum. Biasanya proses balik nama akan memakan waktu selama 7 hari kerja dan proses balik nama dilakukan oleh kantor Pertanahan dengan salah satu syaratnya adalah Akta Jual Beli yang harus disertakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *